Selasa, 15 September 2015

Memahami Struktur Sel Bakteri

1.Lengkapi label gambar struktur bakteri di bawah ini:
2. Berdasarkan gambar dibawah ini jelaskan tentang struktur dinding sel bakteri gram positif dan gram negatif:
3. Berdasarkan poster dibawah ini jelaskan bagaimana cara kerja pewarnaan bakteri gram positif dan gram negatif:
Untuk membantu anda dalam menjawab persoalan di atas silahkan buka link berikut ini
http://rinayarina.pun.bz/files/mikrobiologi-pewarnaan.pdf

Materi  ajar Archaebacteria dan Eubacteria dapat di unduh disini
 https://drive.google.com/file/d/0B2CUmA_eNT-pWk9XRmYyT1M4Wk0/view?usp=sharing

Minggu, 06 September 2015

Memahami Konsep Virus

Untuk memahami Konsep Virus silahkan pelajari animasi berikut ini
1. Klik di sini
2. Klik di sini 
3. Klik di sini 
4. Klik di sini

Untuk tindak lanjutnya silahkan kerjakan
1. LKS Virus
2. LKS Virus dan Bakteri

Rabu, 19 Agustus 2015

Contoh Tugas Metode Ilmiah:

A.    JUDUL 
Pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit

B.     VARIABEL
a.       Variabel bebas             : intensitas cahaya matahari
b.      Variabel kontrol          : suhu ruangan, media tumbuh, jumlah air
c.       Variabel terikat           : pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit

C.     RUMUSAN MASALAH
Apakah cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit ?

D.    HIPOTESIS
a.         H1       : cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan
  tanaman cabai rawit
b.        Ho       : cahaya matahari tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan
    perkembangan tanaman cabai rawit

E.     TUJUAN
Untuk mengetahui pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit

F.      MANFAAT
Dapat mengetahui pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit

G.    CARA KERJA
a.       Alat dan bahan
1)   8 buah pot yang berisi tanah
2)   Penggaris
3)   8 biji cabai rawit yang sudah dikeringkan
4)   Air
5)   Cahaya matahari
H.    Langkah kerja
1)   Menyiapkan bahan-bahan
2)   Menanam 4 biji cabai rawit kedalam pot golongan 1 dan meletakkannya ke dalam ruangan
3)   Menanam 4 biji cabai rawit kedalam pot golongan 2 dan meletakkannya diluar ruangan
4)   Menyirami tanaman cabai rawit setiap sore hari
5)   Mengukur tinggi tanaman cabai rawit setiap 2 hari sekali
6)   Mengamati perbedaan-perbedaan anatara pot golongan 1 dengan pot golongan 2
7)   Mencatat hasil pengukuran dan pengamatan kedalam table hasil penelitian

I.       HASIL PENGAMATAN
            
Perlakuan
Pertumbuhan (cm) hari ke...
1
3
5
7
9
Penelitian pot golongan 1 ( didalam ruangan/gelap )





Penelitian pot golongan 2 (diluar ruangan/teduh )





Penelitian pot golongan 3 (diluar ruangan/terbuka/cahaya matahari langsung )






J. PEMBAHASAN
K.  ANALISA DATA
L.    KESIMPULAN
M.   SARAN

Minggu, 09 Agustus 2015

LKS ruang lingkup Biologi

Lembar Kegiatan Siswa
MATA PELAJARAN                        : BIOLOGI
MODEL                                            : NON EKSPERIMEN
JUDUL                                             : RUANG LINGKUP BIOLOGI
KELAS/ SEMESTER                       : X/ 1
Standar Kompetensi                          :   1. Memahami hakekat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar                             :  1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Indikator                                 :
Menjelaskan kajian (ruang lingkup ) Biologi dan contohnya berdasarkan pengamatan lingkungan untuk menumbuhkan kejujuran dalam menuliskan hasil pengamatannya dan kepedulian serta bijaksana terhadap objek biologi
  • Menunujukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu lain yang juga memiliki kesetaraan dan kebersamaan dengan menggunakan diagram keilmuan.
  • Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi dengan kerja keras dan tanggung jawab untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Mengidentifikasi cabang-cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji
  • Siswa mampu memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi sesuai hasilstudy literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan rasa tanggung jawab
·         Siswa mampu memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi  sesuai hasil study literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab
Tujuan :
  • Siswa mampu menjelaskan kajian (ruang lingkup ) Biologi dan contohnya berdasarkan pengamatan lingkungan untuk menumbuhkan kejujuran dalam menulisan hasil pengamatannya dan kepedulian serta bijaksana terhadap objek biologi
  • Siswa mampu menunujukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu lain yang juga memiliki kesetaraan dan kebersamaan dengan menggunakan diagram keilmuan.
  • Saiswa dapat membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi dengan kerja keras dan tanggung jawab untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Siswa dapat mengidentifikasi cabang-cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji
  • Siswa mampu memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi sesuai hasilstudy literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan rasa tanggung jawab
·         Siswa mampu memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi  sesuai hasil study literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab
  • Siswa dapat menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi.
1.      Petunjuk Belajar: 
a.       Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang setiap kelompok.
b.      Lakukan pengamatan lingkungan dan study literatur tentang ruang lingkup biologi untuk memperkuat  pemahaman anda.

2.      Informasi                :
Biologi mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan berbagai fenomena kehidupan makhluk hidup pada berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksinya dengan lingkungan.Seiring dengan permasalahan manusia yang semakin kompleks, membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari obyek-obyek biologi. Obyek yang dipelajari tidak hanya seputar manusia saja, namun juga tumbuhan, hewan, lingkungan, virus, bakteri, jamur sampai pada fosil. Kondisi ini membuat semakin luasnya ruang lingkup biologi.
3.      Lengkapi tabel pengamatan berikut berdasarkan pengamatan di lapangan :

No
Makhluk hidup
Makhluk tak hidup
1


2


3


4


5



4.      Bahan diskusi :
                       1.         Dari hasil pengamatan kalian, apakah alasan sehingga dikatakan makhluk hidup ?
  1. Apakah ada makhluk hidup yang tidak dapat teramati langsung dilapangan ? mengapa!
  2. Susunlah dalam suatu bagan ruang lingkup biologi dalam tingkat organisasi kehidupan sesuai hasil pengamatan kalian !
  3. Dikaitkan dengan ilmu murni lain, bagaimanakah kedudukan biologi dengan ilmu tersebut?
  4. Dari pengamatan lapangan, dilihat dari objek dan permasalahannya, cabang biologi apa yang berkenaan?
  5. Mengapa mempelajari biologi dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan kehidupannya?
  6. Apakah yang perlu diwaspadai dari dampak yang timbul dari perkembangan ilmu biologi ?
  7. Bagaimana peran IPTEK dalam perkembangan Biologi ?
  8. Kesimpulan : ..............................................................

 
Design by Dabloeng.com/