Lembar Kerja Siswa

LKS ekskresi 1

LEMBAR KEGIATAN SISWA
Mata Pelajaran :  Biologi
Model                 :  Non Eksperimen
Judul                  :  Struktur dan Fungsi Alat-Alat Ekskresi pada Manusia
Kelas                   :  XI/II

I.          Standar Kompetensi
-        Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses seta kelainan/penyakit yang dapat terjadi serat implikasinya pada saling temas.
II.       Kompetensi Dasar
-        Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi manusia dan hewan.
III.    Indikator
1.      Menentukan struktur dan fungsi alat-alat ekskresi
2.      Membedakan struktur dan fungsi alat-alat ekskresi
3.      Menjelaskan proses ekskresi seperti keringat, urine, bilirubin, CO2, dan H2O
IV.    Tujuan
-        Menyebutkan alat-alat ekskresi pada manusia
-        Menjelaskan struktur dan fungsi alat-alat ekskresi pada manusia
-        Membedakan struktur dan fungsi alat-alat ekskresi pada manusia
-        Menjelaskan proses mekanisme pengeluaran keringat, urine, bilirubin, CO2, dan H2O
V.       Petunjuk Belajar
1.      Pelajarilah LKS ini dan kerjakan tugas-tugas yang ada
2.      Pelajarilah buku rujukan/referensi yang Anda miliki
3.      Diskusikanlah dalam kelompok kalian tentang struktur dan fungsi alat-alat ekskresi pada manusia

VI.    Informasi
Ekskresi adalah proses pembebasan sisa-sisa metabolisme dari dalam tubuh.
Organ-organ ekskresi dalam tubuh manusia antara lain sebagai berikut:
1.      Kulit (integument) merupakan organ ekskresi keringat minyak dan garam-garam mineral.
2.      Paru-paru mengekskresikan CO2 dan air (H2O)
3.      Hati mengekskresikan empedu
VII. Langkah Kerja
1.      Lakukan telaah referensi tentang struktur dan fungsi alat ekskresi
2.      Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang struktur dan fungsi alat-alat ekskresi
3.      Diskusikan pertanyaan bahan diskusi serta rumuskan kesimpulannya.
4.      Tanyakan pada siswa kelompok lain atau pada guru yang bersangkutan jika  ada hal yang belum dipahami dengan baik

I.          Bahan Diskusi
1.      Jelaskan struktur dan fungsi alat-alat ekskresi
2.      Jelaskan proses terjadinya
a.       Urin
b.      Keringat
c.       CO2 dan O2
d.      Bilirubin
3.      Mengapa pada siang hari kita sering merasa kehausan. Jelaskan hubungannya dengan sistem ekspresi.
Jawaban Diskusi








Kesimpulan







LKS Ekskresi

LEMBAR   KEGIATAN    SISWA
Mata Pelajaran :  Biologi
Model                 :  Non Eksperimen
Judul                  :  Kelainan dan Penyakit yang Terjadi Pada Sistem Ekskresi
Kelas                   :  XI/II

I.          Standar Kompetensi Dasar I
-        Memahami struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu serta implikasi penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada saling temas
II.       Kompetensi Dasar
Menjelaskan kelainan antara struktur, fungsi dan proses kelainan/penyakit pada sistem ekspresi pada manusia dan hewan.
III.    Indikator
·         Menjelaskan penyebab kelainan/penyakit yang terjadi pada ekskresi
·         Menjelaskan gambar penggunaan teknologi yang membantu sistem ekskresi
Tujuan:
-        Menyebutkan gangguan pada sistem ekskresi
-        Menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan gagal ginjal
-        Menjelaskan pengertian cangkok ginjal
-        Menjelaskan pengertian cuci darah
IV.    Petunjuk Belajar
-        Pelajarilah LKS ini dan kerjakan tugas-tugas yang ada
-        Pelajarilah buku rujukan/lakukan telaah reverensi yang anda miliki
-        Diskusikan dalam kelompok yang terjadi tentang sistem ekskresi pada manusia, gangguan dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadi gagal ginjal, langkah ginjal dan cuci darah.

INFORMASI:
Alat-alat tubuh yang berfungsi dalam proses ekskresi termasuk dalam sistem ekspresi. Sisa metabolisme karbohidrat dan lemak menghasilkan CO2 dan H2O sisa metabolisme protein berupa ammonia, NH3, Urea, dan asam urat, contoh alt tubuh manusia yang dapat mengekskresikan siswa metabolisme adalah paru-aru, kulit dan ginjal.
Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik menyebabkan proses ekskresi terganggu karena ginjal merupakan salah satu organ ekskresi.
Ginjal pada manusia dapat mengalami gangguan dan kelainan karena serangan bakteri, tumor, abnormalitas, bentuk ginjal atau pembentukan batu ginjal.
Kelainan dan gangguan fungsi ginjal antara lain:
1.      Nefritis: Kerusakan pada bagian glamerulus ginjal akibat alergi racun kuman disebabkan oleh bakteri Strptalococcus.
2.      Batu ginjal
Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal atau kantong kemih. Batu ginjal adalah kalsium oksalat, asam urat dan kristal kalsium fosfat.
3.      Glikosuria: ditemukannya glukosa pada urin. Adanya glukosa dalam urin menunjukan adanya kerusakan pada tabung ginjal.
Adapun fungsi ginjal sebagai alat pengeluaran utama antara lain sebagai berikut:
a)      Membuang sisa metabolisme dari tubuh
b)      Mengatur keseimbangan air dan garam di dalam darah
c)      Membuang zat-zat berbahaya bagi tubuh
d)     Mengeluarkan tekanan darah dalam arteri dengan mengeluarkan kelebihan zat-zat asam atau basa.
Alternatif pengobatan bagi penderita gagal ginjal kronis dengan pencakokan ginjal baru. Secara teoritis operas cangkok ginjal cukup sederhana. Ginjal yang rusak diangkat terlebih dahulu kemudian ginjal donor ditempatkan didalam rongga perut bagian bawah arteri dan vena. Masalah utama pada pencangkokan ginjal adalah penolakan oleh sistem imun. 
V.       Langkah Kerja
1.      Lakukan telaah tentang sistem ekskresi.
2.      Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang penyakit dan kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi (manusia).
3.      Diskusikan pertanyaan bahan diskusi serta rumuskan kesimpulannya.
4.      tanyakan pada kelompok lain atau pada guru yang bersangkutan jika ada yang belum dipahami dengan baik.
VI.    Bahan Diskusi
1.      Jelaskan macam-macam kelainan dan gangguan fungsi ginjal.
2.      Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya gagal ginjal.
3.      Jelaskan pengertian cangkok ginjal dan mengapa keluarga terdekat lebih diutamakan sebagai donor untuk cangkok ginjal.
4.      Bagaimana pengaruh cuci darah terhadap penderita gagal ginjal.

Jawaban Diskusi









Kesimpulan


 





LKS Eksresi hewan

LEMBAR KEGIATAN SISWA 


Mata Pelajaran  :  Biologi
Model                 :  Non Eksperimen
Judul                   :  Ekskresi pada Hewan
Kelas                  :  XI/II

I.          Standar Kompetensi
·         Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang dapat terjadi serta implikasinya pada saling temas.
II.       Kompetensi Dasar
·         Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia dan hewan (misal ikan dan serangga).
III.    Indikator
·         Membedakan struktur dan fungsi alat akskresi ikan, cacing dan belalang (ginjal)
·         Membedakan alat ekskresi pada hewan dan manusia
·         Menjelaskan proses ekskresi pada ikan dan belalang dan cacing
IV.    Tujuan
1.      Membedakan struktur alat ekskresi pada ikan dan belalang
2.      Menjelaskan sistem ekskresi pada ikan dan belalang
3.      Menyebutkan perbedaan alat ekskresi pada hewan dan manusia
V.       Petunjuk Belajar
4.      Pelajarilah LKS ini dan kerjakan tugas-tugas yang ada
5.      Pelajarilah buku rujukan/referensi yang Anda miliki
6.      Diskusikanlah dalam kelompok kalian tentang alat-alat ekskresi pada cacing, ikan, dan lain-lain melalui pengamatan gambar.


VI.    Informasi
Hewan juga melakukan metabolisme untuk melakukan aktivitas kehidupan. Metabolisme melakukan zat sisa yang harus diekskresikan dari tubuh. Setiap hewan memiliki cara yang berbeda untuk mengekskresikan sisa metabolisme pada hewan invertebrata memiliki alat ekskresi yang sederhana antara lain dengan seluruh permukaan tubuh, vakuola kontraktil, nefridium, protonefridium, dan metanefridium. Alat ekskresi pada cacing pipih adalah protonefridium yang memiliki selapi. Alat ekskresi cacing tanah adalah metanefridium. Alat ekskresi insekta adalah malpighi.
Pada hewan vertebra, alat ekskresi yang utama adalah ginjal. Alt ekskresi pada ikan yang hidup di air tawar berbeda dengan mekanisme ikan yang hiduo di air laut.
VII. Langkah Kerja
7.      Lakukan telaah referensi tentang proses ekskresi pada hewan
8.      Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang proses ekskresi pada hewan
9.      Amati gambar tentang ekskresi pada hewan
10.  Diskusikan pertanyaan bahan diskusi serta rumuskan kesimpulannya
11.  Tanyakan pada siswa kelompok lain atau pada guru yang bersangkutan jika ada hal yang belum jelas dipahami dengan baik. 
VIII.       Bahan Diskusi
1.      Bagaimana mekanisme zat sisa pada insekta, misal belalang.
2.      Jelaskan perbedaan ekskresi ikan air tawar dan ikan air laut.
3.      Bagaimana proses eksresi pada cacing pipih.

Jawaban Diskusi






LKS Tumbuhan Lumut (pdf)
http://www.ziddu.com/download/21325098/LKS_TumbuhanLumut.pdf.html

LKS Lab Lumut (doc)
http://www.ziddu.com/download/21389768/LKS_Lab_Lumut.docx.html

 LKS Tumbuhan-1 (pdf)
 http://www.ziddu.com/download/21300195/LKStumbuhan.pdf.html

LKS-Reproduksi Tumbuhan
http://www.4shared.com/file/Ma6fGpOf/LKS_Reproduksi_Tumbuhan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Dabloeng.com/