Lembar Kegiatan Siswa
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
MODEL : NON EKSPERIMEN
JUDUL : RUANG LINGKUP BIOLOGI
KELAS/ SEMESTER : X/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakekat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Indikator :
Menjelaskan kajian (ruang lingkup ) Biologi dan contohnya berdasarkan pengamatan lingkungan untuk menumbuhkan kejujuran dalam menuliskan hasil pengamatannya dan kepedulian serta bijaksana terhadap objek biologi- Menunujukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu lain yang juga memiliki kesetaraan dan kebersamaan dengan menggunakan diagram keilmuan.
- Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi dengan kerja keras dan tanggung jawab untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
- Mengidentifikasi cabang-cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji
- Siswa mampu memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi sesuai hasilstudy literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan rasa tanggung jawab
· Siswa mampu memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi sesuai hasil study literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab
Tujuan :
- Siswa mampu menjelaskan kajian (ruang lingkup ) Biologi dan contohnya berdasarkan pengamatan lingkungan untuk menumbuhkan kejujuran dalam menulisan hasil pengamatannya dan kepedulian serta bijaksana terhadap objek biologi
- Siswa mampu menunujukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu lain yang juga memiliki kesetaraan dan kebersamaan dengan menggunakan diagram keilmuan.
- Saiswa dapat membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi dengan kerja keras dan tanggung jawab untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
- Siswa dapat mengidentifikasi cabang-cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji
- Siswa mampu memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi sesuai hasilstudy literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan rasa tanggung jawab
· Siswa mampu memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi sesuai hasil study literatur untuk menumbuhkan kejujuran dan tanggung jawab
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi.
1. Petunjuk Belajar:
a. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 atau 5 orang setiap kelompok.
b. Lakukan pengamatan lingkungan dan study literatur tentang ruang lingkup biologi untuk memperkuat pemahaman anda.
2. Informasi :
Biologi mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan berbagai fenomena kehidupan makhluk hidup pada berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksinya dengan lingkungan.Seiring dengan permasalahan manusia yang semakin kompleks, membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari obyek-obyek biologi. Obyek yang dipelajari tidak hanya seputar manusia saja, namun juga tumbuhan, hewan, lingkungan, virus, bakteri, jamur sampai pada fosil. Kondisi ini membuat semakin luasnya ruang lingkup biologi.
3. Lengkapi tabel pengamatan berikut berdasarkan pengamatan di lapangan :
No
|
Makhluk hidup
|
Makhluk tak hidup
|
1
| ||
2
| ||
3
| ||
4
| ||
5
|
4. Bahan diskusi :
1. Dari hasil pengamatan kalian, apakah alasan sehingga dikatakan makhluk hidup ?
- Apakah ada makhluk hidup yang tidak dapat teramati langsung dilapangan ? mengapa!
- Susunlah dalam suatu bagan ruang lingkup biologi dalam tingkat organisasi kehidupan sesuai hasil pengamatan kalian !
- Dikaitkan dengan ilmu murni lain, bagaimanakah kedudukan biologi dengan ilmu tersebut?
- Dari pengamatan lapangan, dilihat dari objek dan permasalahannya, cabang biologi apa yang berkenaan?
- Mengapa mempelajari biologi dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan kehidupannya?
- Apakah yang perlu diwaspadai dari dampak yang timbul dari perkembangan ilmu biologi ?
- Bagaimana peran IPTEK dalam perkembangan Biologi ?
- Kesimpulan : ..............................................................
0 komentar:
Posting Komentar